5 Alasan NJPW Lebih Bagus Ketimbang WWE

Posted on

5 Alasan NJPW Lebih Bagus Ketimbang WWE – Sejauh ini, kalau kita mendengar kata wrestling, pasti. WWE yang langsung muncul di benak kita, apalagi banyak sekali bintang-bintang yang sudah melekat di pikiran kita seperti. The Rock, John Cena, The Undertaker, Triple H dan Rey Mysterio. Acara yang disajikan WWE memang sangat atraktif meskipun ada unsur seksual. Tapi tetap saja hiburan dan drama gulat WWE tidak perlu dipertanyakan lagi kualitasnya.

5 Alasan NJPW Lebih Bagus Ketimbang WWE

5 Alasan NJPW Lebih Bagus Ketimbang WWE

Namun, dalam 5-10 tahun terakhir promotor terbesar ini tidak memiliki unsur keseruan atau. Keasyikan yang sama seperti dulu dan sulit menjaga sekaligus mengembalikan momentumnya. Sejak itulah, para penggemar gulat sudah mulai merasa bosan dengan kualitas. WWE dan banyak yang beralih ke promotor saingannya, salah satunya New Japan Pro Wrestling atau NJPW. Promotor gulat asal Jepang ini digadang sebagai rival terbesar WWE. Selain kedua promotor mempunyai sejarah yang cukup erat sekaligus kompetitif, sajian gulat ala.

NJPW juga dianggap lebih bagus dan unik ketimbang WWE bahkan NJPW bisa dibilang “the next big thing” sekaligus mengungguli WWE. Berikut melihat 5 alasan mengapa NJPW lebih bagus dan mungkin saja mengungguli WWE dalam waktu dekat. Pro wrestling itu bohongan” bisa dibilang benar dan tidak karena pada dasarnya. Pro wrestling itu scripted alias sudah ditentukan siapa yang menang. Tapi bukan berarti pro wrestling sepenuhnya “scripted”.

Alias asli dengan catatan, para pegulat sudah ahli membuat kuncian semenarik mungkin sekaligus meminimalisir resiko cedera lawannya. Nah, kita tahu “scripted” ala WWE adalah banyak sekali drama di belakang panggung hingga parkiran mobil, sedangkan “scripted” ala NJPW tidak terlalu menonjolkan unsur drama melainkan menonjolkan unsur layaknya olahraga tinju atau MMA, seperti press confrence atau post-match commentary, sehingga unsur seperti inilah yang membuat suasana rivalitas antar pegulat serasa lebih realistis walaupun hanya “scripted”.

NJPW tidak memiliki acara mingguan melainkan acara dengan format

Promosi dalam pro wrestling bisa dikatakan sebagai alur cerita atau “story arc”, bisa tentang perebutan gelar juara atau balas dendam. Umumnya,promosi atau alur cerita ini disajikan di setiap acara mingguan dan diakhiri di acara besar tertentu yang biasanya di akhir atau awal bulan. Banyak promotor, termasuk WWE menggunakan konsep ini untuk membangun sekaligus menjaga momentum beberapa pegulat, namun hal ini sedikit berbeda di NJPW.

Road to saat mendekati acara besar, juga membuat promosi dengan format turnamen di beberapa bulan tertentu. Format promosi ala NJPW ini juga berjangka panjang ketimbang WWE yang berjangka pendek sehingga promotor mempunyai waktu banyak untuk memberikan promosi pertandingan serta cerita yang lebih menarik, bahkan bisa terbagi ke beberapa bab.

Salah satu hal yang membuat NJPW sangat menarik adalah aksi pegulat muda yang disebut Young Lion yang tidak kalah bagusnya dengan pegulat veteran. Para Young Lions ini mengikuti latihan dan aturan yang sangat ketat di NJPW Dojo, bahkan harus tinggal di asrama khusus pegulat Young Lions. Selain itu, NJPW mempunyai promosi khusus Young Lion dengan format turnamen yaitu “New Japan Young Lion Cup” di sela-sela promosi besar. Analoginya, “New Japan Young Lion Cup” bisa dibilang episode filler dalam sebuah anime.

Meskipun jatah kesempatan pegulat muda bisa dibilang minim, namun pada akhirnya NJPW sudah siap mengenalkan bintang masa depan. Bullet Club, salah satu faksi terbesar di NJPW dan sudah menjadi ikon di dunia Pro Wrestling sekaligus tren Pop Culture. Yang terkenal hingga pengaruhnya masih ada sampai sekarang adalah faksi seperti The Four Horsemen, nWo, D-Generation X, dan banyak lagi. Sayangnya, unsur ini dianggap para penggemar sudah hilang dari WWE, padahal dalam sejarah WWE selalu menghasilkan faksi yang berkualitas.

NJPW unsur faksi ini sangat mendalam dan telah menjadi bagian dari budaya mereka menjadi produk pemasaran

Unsur faksi dalam NJPW selain dijadikan sebagai bahan promosi, digunakan untuk memberikan kesempatan yang luas bagi para pegulat yang kurang populer dalam melakukan promosi atau mendapatkan gelar juara sehingga setiap pegulat memiliki kesempatan yang setara dengan pegulat populer. Semakin populernya sebuah faksi, semakin mudah kesempatannya dalam mendapatkan gelar juga. Salah satu faksi yang populer di NJPW adalah Bullet Club dengan gimmick gangsternya.

Faksi ini sudah menjadi ikon pop culture di industri gaming karena pernah muncul sebagai Item spesial “Tekken 7” dan mantan anggotanya seringkali muncul di turnamen gaming “CEO” sekaligus mempromosikan pro wrestling. Inilah alasan umum mengapa NJPW lebih bagus ketimbang WWE, yaitu Strong Style. Strong Style dalam hal ini adalah referensi gaya gulat yang lahir di Jepang.

Di NJPW, lebih sering menggunakan tamparan, tendangan serta kuncian lemparan ketimbang gulat Amerika yang sedikit kaku, atau lebih banyak gerakan memukau daripada gulat Meksiko pada umumnya. Gaya gulat khas Jepang ini memberikan atmosfir yang lebih menegangkan seakan pertarungan yang murni layaknya pertarungan tinju atau MMA.

Banyak kritikus pro wrestling mengatakan bahwa gulat ala NJPW adalah yang terbaik dalam industri pro wrestling. Dave Meltzer, seorang kritikus pro wrestling paling terkenal, sering kali memberikan ulasan positif dan juga memberikan bintang 5 dalam rating setiap sebuah pertandingan, bahkan hanya promotor ini yang mampu menghasilkan pertandingan gulat dengan rating bintang 6, yaitu Omega vs Okada di acara besar Wrestle Kingom 11 tahun 2017.

NJPW adalah contoh utama dalam peningkatan popularitas sekaligus bukti betapa superiornya produk mereka. NJPW akan terus menjadi lebih baik dan terus tumbuh dari pesaing hingga mendominasi bisnis olahraga Pro Wrestling. Satu hal yang pasti, setiap pertunjukan membuat penggemar puas dengan setiap acaranya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *