Cara Pemanasan yang Benar sebelum Bermain Seluncur Es

Posted on

Cara Pemanasan yang Benar sebelum Bermain Seluncur Es – Seluncur es atau ice skating, merupakan kegiatan olahraga dengan berseluncur di atas es. Tentu untuk berseluncur, kita memerlukan sepatu khusus, dan sepatu khusus tersebut memiliki ciri khas yaitu menggunakan besi baja yang bentuknya seperti pisau di bagian bawah sepatu agar bisa berseluncur di atas es. Olahraga ini seperti ballet yang dilakukan di atas es dan yang biasa dilakukan di atas es adalah memutar.

Cara Pemanasan yang Benar sebelum Bermain Seluncur Es

Cara Pemanasan yang Benar sebelum Bermain Seluncur Es

Melompat, dan berbagai macam gerakan lainnya. Seperti olahraga pada umumnya, kita harus melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk menghindari cidera. Masih banyak orang-orang yang tidak tahu cara pemanasan yang benar, sehingga terjadi akibat yang fatal. Maka dari itu, berikut adalah cara pemanasan yang baik dan benar.

Yang pertama adalah peregangan pada leher. Tundukkan kepala kalian ke bawah, lalu tekan kebawah dengan tangan di bagian belakang kepala. Lalu selanjutnya miringkan kepala kalian ke kanan, dan tekan kepala dengan tangan kanan kalian, dan lakukan hal yang sama pada bagian kiri. Dan yang terakhir, lihatlah ke atas, lalu tekan dengan kedua tangan di dagu mengarah ke atas.

Yang kedua adalah perengangan pada bahu. Letakkan kedua tangan anda dikedua bahu, lalu putar sepuluh kali ke depan, dan sepuluh kali ke belakang. Gerakan selanjutnya, rentangkan kedua tangan lalu putar ke depan dan ke belakang. Selanjutnya adalah perenggangan pada tangan. Putar-putar pergelangan tangan anda kek arah kanan dan kiri sebanyak sepuluh kali. Lalu arahkan telapak tangan kanan anda ke depan, lalu dengan tangan kiri tarik pada bagian jari ke belakang.

Lakukan yang sama pada tangan kiri anda

Setelah telapak tangan, arahkan punggung tangan kanan anda ke depan dan bagian jari mengarah ke bawah, lalu letakkan tangan kiri di bagian punggung tangan dan tekan ke arah belakang, begitu juga sebaliknya. Setelah perenggangan tangan, kita merenggangkan pinggang kita. Untuk perenggangan pinggang, kita bisa membuka kaki kita ke samping kanan dan kiri selebar bahu kita, lalu jatuhkan badan ke kanan, dan tahan pada posisi tersebut selama sepuluh detik. Lalu lakukan yang sama pada bagian kiri. Pada Gerakan ini, kalian akan merasakan renggangan di bagian pinggang anda.

Selanjutnya adalah bagian yang paling penting yaitu kaki. Siapkan matras terlebih dahulu, bila tidak punya, sebaiknya cari tempat yang permukaan empuk lalu angkat kaki kanan dan dekatkan lutut ke dada anda, lalu tahan dengan kedua tangan selama sepuluh detik. Dan untuk di bagian pergelangan kaki, tempelkan bagian jari-jari anda di lantai, lalu putar-putar kaki anda ke kanan dan ke kiri.

Dan yang terakhir adalah Jogging atau lari-lari kecil. Jogging merupakan hal yang sangat mudah untuk memanaskan badan anda dan mempersiapkan detak jantung anda untuk berseluncur. Lakukan jogging selama lima sampai sepuluh menit. Jogging ini dapat dilakukan di atas treadmill atau mengitari lapangan es.

Lakukanlah pemanasan di atas sesuai urutan sebelum bermain seluncur es. Dengan pemanasan tersebut, kita dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, dan badan kita sudah siap juga dapat bergerak dengan leluasa dan nyaman di atas es.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *