Joan Mir di Atas Hayden, Juara Dunia MotoGP dengan 1 Kemenangan

Posted on

 

Joan Mir mencatatkan catatan unik habis memenangkan MotoGP 2020. Dengan cuman sekali memenangkan seri musim ini, Mir melalui rekor almarhum Nicky Hayden.
Miri jadi juara dunia habis balapan MotoGP Valencia di circuit Riccardo Tormo, Minggu (15/11/2020) malam WIB. Pembalap Suzuki itu tidak menang, hanya finish ke-7 .

Tetapi, finish itu cukup mengantar Mir ke tangga juara MotoGP sebab kompetitor paling dekatnya Fabio Quartararo telah jatuh semenjak awalnya balapan. Mir dengan 171 point tidak akan kembali tersusul oleh Franco Morbidelli di urutan ke-2 klassemen yang berbeda 29 point, ingat musim 2020 tersisa satu seri.

Sekarang, Mir dapat tersenyum lebar sebab stabilitasnya sejauh musim ini lunas terbayar. Mir bisa hanya menang sekali, tetapi ia jadi pembalap yang tersering naik tribune yaitu 7x!

Mer bahkan juga tak pernah raih pole sejauh musim ini, pembalap pertama semenjak Wayne Rainey di 1992, saat namanya GP500. Mir juga menjadi juara dunia pertama dalam jumlah kemenangan sedikitnya, yaitu 1x di MotoGP Eropa minggu kemarin.

Ia menaklukkan rekor Leslie Graham (1949), Umberto Masetti (1950 dan 1952), dan Nicky Hayden (2006) yang raih dua kemenangan. Spesial di MotoGP, awalnya rekor itu digenggam Hayden.

Pada musim 2006, Hayden sanggup mengalahkan Valentino Rossi yang musim itu raih lima kemenangan. Hayden finish dengan 252 point, unggul lima angka saja diakhir musim dari Rossi selaku runner-up.

Hayden hanya meraih kemenangan di MotoGP Belanda dan Amerika Serikat, tetapi 10 kali naik tribune. Sesaat Rossi walau 11 kali naik tribune, tetapi 3x retired.

Masihlah ada satu balapan sisa di MotoGP 2020, yaitu Portimao, Portugal akhir minggu ini, dapatkah Joan Mir menambahkan jumlah kemenangan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *