Khabib Terus Meraih kemenangan dengan Gulat, Apa Menjemukan

Posted on

Khabib Nurmagomedov, juara kelas Lightweight UFC ialah rajanya gulat. Tetapi, apa dengan berlaga terus semacam itu akan nampak menjemukan?

Catatan kemenangan Khabib Nurmagomedov di UFC demikian prima. Tidak pernah kalah, rekor kemenangannya 28-0!

Laga seterusnya, ia akan hadapi juara Interm Lightweight, Justin Gatehje. Tetapi sampai sekarang, faksi UFC belum juga memberi berita seterusnya.

Khabib Nurmagomedov demikian menguasai di UFC sebab kepiawaiannya bergelut. Tidak sangsi, ayahnya yaitu Abdulmanap ialah olahragawan gulat di daerah halamannya, di Dagestan, Rusia.

‘The Eagle’ sempat juga 2x juara gulat di pertandingan kejuaraan Sambo dunia. Khabib demikian mahir untuk membanting musuh, mencengkram, sampai lakukan penguncian.

 

 

Apa dengan bertanding dengan style gulat terus menjemukan?

Javier Mendez, pelatih Khabib Nurmagomedov di American Kickboxing Academy (AKA) beberapa lalu sempat mengulas tentang itu. Itu dipostingnya lewat JavierMendezAKAPodcast.

Mengenal AKA lebih dahulu, ini ialah club MMA (Mixed Martial Arts) di California, AS yang telah melahirkan banyak juara UFC. Kecuali Khabib, awalnya ada Daniel Cormier, Cain Velasquez, Luke Rockhold, Josh Thomson, serta Jon Fitch.

Javier Mendez menceritakan, awalannya ia menyaksikan beberapa anak didiknya berlatih. Tetapi saat masuk session latihan gulat, cukup banyak yang nampak ogah-ogahan.

“Grappling (gulat-red) benar-benar penting. Hal penting yang perlu kalian kerjakan bila ingin berhasil di pertempuran MMA ialah dominant grappling,” tuturnya.

“Jika kalian tidak dapat lakukan dominant grappling, kalian tidak jadi petarung yang terhebat. Kalian sendiri yang putuskan apa kalian ingin menjadi juara,” sambungnya.

“Maka bila kalian ingin menjadi juara, apa harus banyak latihan bertanding gulat atau stand up. Tentunya gulat,” kata Javier Mendez.

 

 

Javier Mendez juga mengutamakan, gulat adalah salah satunya ‘senjata’ terhebat di olahraga MMA

Dengan kuasai tehnik gulat serta memimpin, karena itu mempermudah untuk menghabisi musuh.

Bahkan juga satu waktu, ada salah seorang muridnya yang tetap bertanding setiap ronde dengan type stand up (seperti boxing, karate, serta yang lain). Sampai Javier Mendez meminta untuk bergelut.

“Ia justru menjawab, ‘gulat itu membosankan’. Menjemukan? Memimpin musuh dengan bergelut itu menjemukan ya?” katanya.

“Saya belum pernah saksikan Khabib nampak jemu waktu memimpin musuh dengan bergelut,” lanjut Javier Mendez menceritakan.

Pria asal Meksiko itu mengutamakan, bergelut serta memimpin musuh akan tentukan hasil laga. Tidak sangsi, banyak pula juara UFC yang pakar dalam gulat.

 

 

“Pertempuran stand up itu fenomenal, tetapi saat kamu dijatuhkan musuh karena itu kamu akan gampang dipukul serta pada akhirnya kalah bila tidak dapat bertahan serta menyerbu balik dengan bergelut,” tuturnya.

“Ya, pertempuran stand up itu wajib. Tetapi saat kamu dijatuhkan musuh, kamu harus dapat bertahan, selekasnya berdiri, serta terus bertanding. Itu yang penting dalam pertempuran,” tutup Javier Mendez.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *