MotoGP Marc Marquez Resmi Mundur dari Musim 2020

Posted on

MotoGP Marc Marquez Resmi Mundur dari Musim 2020 – Musim 2020 nampaknya menjadi musim terburuk bagi Repsol Honda, Marc Marquez dan para penggemarnya. Hal itu menyusul informasi yang dirilis oleh tim pabrikan Honda bahwa Marquez masih akan absen selama 3 atau 4 bulan ke depan*. Artinya kemungkinan the Baby Alien baru akan join battle di bulan November yang merupakan bulan terakhir perhelatan akbar balap motor prototype.

MotoGP Marc Marquez Resmi Mundur dari Musim 2020

MotoGP Marc Marquez Resmi Mundur dari Musim 2020

Manajer Repsol Honda Team, Alberto Puig pernah mengutarakan pendapat kontroversial pasca jatuhnya Marquez di Jerez. Ia menuturkan bahwa juara dunia di musim ini tak akan bisa 100% berbangga diri lantaran raihannya berkat ketidakikutsertaan Marquez. Namun Marquez sendiri justru tak sependapat dengan pernyataan lebay Puig. Baginya, siapa pun yang mampu menjadi juara dunia berarti ia telah melakukan hal yang lebih baik dari pebalap lainnya. Untuk itulah ia layak mendapatkan apresiasi atas hasil kerjanya.

Tak dipungkiri, Honda menaruh harapan besar ke pundak Marquez untuk tetap bersinar selama mungkin. Perpanjangan kontrak hingga 4 musim ke depan menjadi buktinya. Repsol Honda sebagai tim utama Honda pun lebih sering merekrut atau mempertahankan pemain bintang ketimbang pemain baru. Terakhir, musim 2019 lalu mereka mendatangkan Jorge Lorenzo yang akhirnya gagal dalam menyajikan penampilan terbaiknya.

Musim ini, Alex Marquez yang baru saja merengkuh gelar di Moto2 didapuk mendampingi sang kakak setelah menyisihkan 2 pebalap lain yang sudah nyemplung di kelas MotoGP, Cal Cruthlow dan Johann Zarco. Gemilangnya Fabio Quartararo di awal musim dapat diduga sebelumnya. Prestasinya memang ciamik di musim 2019. Lima kali podium 2 dan 6 kali meraih pole position bukanlah pretasi kacangan. Benar saja, ia kini menjadi pemimpin klasemen sementara dengan perolehan puncak menjadi juara di seri perdana (GP Spanyol) dan seri ke dua (GP Andalucia).

Hal mengejutkan lagi datang dari rookie KTM Brad Binder

Pada seri ke tiga di sirkuit Brno, Ceko, ia tampil begitu mengesankan. Finish 5,266 detik di depan pabalap lain, ia mengukuhkan diri sebagai rider pertama KTM yang mampu menjadi juara di kelas utama. Performanya itu sekaligus menaikkan pamor KTM di musim ini. Bukan hanya Binder, Joan Mir yang menggeber Suzuki GSX-RR pun sudah mulai unjuk gigi. Podium perdana pabrikan Hamamatsu dipersembahkannya di GP Austria pekan lalu. Menempel ketat dua rider Ducati, Andrea Dovizioso dan Jack Miller, Mir akhirnya mengamankan posisinya di lap terakhir.

Prestasi Mir itu menjadi jawaban bagi Alex Rins yang pernah mengatakan butuh rekan yang lebih berpengalaman sehingga mampu memberikan ‘tekanan’ pada dirinya agar bisa lebih bersaing. Pabrikan Eropa Mulai Mengimbangi Jika orang hanya membicarakan Honda, Yamaha dan Ducati, maka tahun ini mereka perlu melibatkan KTM. KTM turun secara full season mulai 2017 lalu. Perkembangan tim asal Austria itu cukup pesat dan diyakini sebagai sumbangsih mantan loyalis Honda, Dani Pedrosa. Pedrosa direkrut sebagai pebalap penguji pada 2019 lalu.

Setelah 3 musim hanya berkutat di rangking 5 klasemen pabrikan, sementara ini mereka merangsek ke posisi ke dua. Di seri GP Styria hari ini, nampaknya mereka akan bertarung dengan gila. Sebab pada pekan lalu, mereka gagal mempersembahkan podium di depan publik sendiri. Espargaro yang menjadi ujung tombak justru melakukan kesalahan yang mengakibatkan friendly fire antara dirinya dan Miguel Oliviera.

Persaingan antar pebalap dan pabrikan terasa begitu kental di MotoGP kali ini. Tanpa dominasi dan penuh kejutan. Ducati, Yamaha, Suzuki dan KTM melesat sementara Honda harus tertinggal. Bisa jadi Alex Marquez membutuhkan waktu untuk dapat mengendalikan mesin yang seolah hanya mau takluk kepada Marc Marquez itu. Di samping itu, ia juga harus mampu membuktikan bahwa tim elit sekelas Repsol Honda tak sia-sia merekrutnya meski selama setahun lamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *